Kamis, 15 Desember 2016

Tips Membeli Mobil Diesel Bekas Agar Tidak Rugi

Tips Membeli Mobil Diesel Bekas - Nah, pada giliran kali ini saya akan memberi panduan yang spesifik pada saat anda akan membeli mobil bekas bermesin diesel. Segala orang pastinya ingat kalau mobil bermesin diesel bekas biasanya adalah mobil bekas pekerja keras dengan pemeliharaan yang minim, banyak orang yang menyebutnya mobil untuk kebo-keboan ataupun untuk badak-badakan. Kondisi inilah membuat mobil diesel bekas yang terdapat dipasaran pun jadi minim perawatan, karna mobil diesel memang terkenal amat bandel (tetapi tidak segalanya minim pemeliharaan, terpenting mobil-mobil diesel untuk pemakaian keluarga, seperti isuzu panther bekas beserta toyota kijang diesel alias daihatsu taft) terdapat beberapa langkah ataupun komponen yang mesti anda cermati sebelumnya, antara lain:

Tips Membeli Mobil Diesel Bekas Agar Tidak Rugi
Tips Membeli Mobil Diesel Bekas Agar Tidak Rugi

Cek komponen mesin.
Pertama kali dalam membeli mobil bekas pasti anda akan membuka kap untuk memeriksa komponen mesin, amati dengan cermat karna apabila anda salah control dan nyatanya mesinnya bermasalah, ini akan membikin dana pemeliharaan yang amat tinggi karna mesin diesel ini amat vital sekali. Cek apakah mesin lagi kering atau terdapat bekas-bekas oli yang merembes, control komponen manifold knalpot apa terdapat yang berair atau kering, cek pada selang-selang power steering pula apabila terdapat yang berlubang atau rembes. Cek pula baut-baut yang terdapat apakah keadaannya lagi utuh atau terdapat yang lepas, kepala bautnya lagi baik atau sudah pada lecet-lecet yang menunjukkan mesin pernah atau kerap dibongkar. Periksalah dengan awas beserta saksama untuk suatu hasil yang optimal dari mobil diesel yang akan kamu beli.

Pengawasan olie mesin.
Caranya ialah dengan mengeluarkan dipstick olie, teliti apakah daya muat olie selagi kamu cek pada garis normal, atau minim. Cek pula viskositas atau kepekatan oli mesinnya, apabila oli amat lekat kebanyakan ini untuk mengelabui suara mesin yang agresif biar terdengar lembut. Untuk oli yang normal tidak amat lekat.

Cek komponen radiator
Bila mesin lagi dingin silahkan buka tutup radiator, apabila radiator kotor berwarna coklat itu melambangkan pemiliknya minim pemeliharaan, tetapi apabila dibuka air radiator berwana hijau alias merah berarti bagian pendinginan mesin terawat, ini akan amat mempengaruhi penampilan beserta durabilitas esoknya pada masa penggunaan kamu nantinya.

Nyalakan mesin.
Setelah segala dirasa baik mulailah kamu menghidupkan mesin, waspadai dengan bunyi bunyian abnormal yang tidak alami, coba gas dengan pelan, mesin yang baik suaranya masih padat beserta pada waktu gas dilepas setelah diinjak tidak terdapat bunyi-bunyian yang menyangsikan selagi mesin balik ke posisi idle (stationer). kala mesin hidup dan setelah kira-kira panas, cobalah buka tutup olie mesin, apabila muncul asap tebal perlu anda hati-hati karna bagian mesin telah merembes kompresi, sehingga mesin telah menandakan perlu overhaul atau turun mesin.

Cek pula komponen persneling, kolong, gardan beserta kaki-kaki
Pemeriksaan berikutnya bila komponen mesin telah oke semua ialah mengontrol komponen persneling apakah terjadi kebocoran atau rembes oli persneling, begitu pula komponen gardan apakah terdapat rembesan olinya pula atau lagi kering. Cek komponen kolong untuk meyakinkan pula apakah terdapat chasis yang bermasalah seperti keropos beserta lain-lain. periksalah komponen bawah dengan awas pula untuk melihat kondisi body komponen bawah beserta dek apakah banyak tambalan-tambalan atau masih utuh, cek pula bagian-bagian yang karatan. Kontrol kaki-kakinya seperti per beserta shock breaker apakah lagi normal atau tidak dengan cara menggoyang-goyangkan bodi mobil dari sisi samping.

Cek komponen bodi mobil.
Bagian ini adalah komponen pengontrolan yang gampang-gampang sulit, pada sebagian orang yang telah pakar diharuskan waktu yang cepat untuk memantau komponen bodi. yang pertama ialah bahan bodi masih utuh atau kaleng, syukur bila kamu lagi memperoleh mobil dengan cat yang masih original tentu akan amat beruntung. Pada mobil diesel pastinya boleh jadi banyak dijumpai goresan pada catnya, sepanjang itu tidak amat dalam lagi dapat dihilangkan baret-baret bodinya dengan cara dikompon atau diamplas tipis ulang.

Bawa ke bengkel terpercaya
Bila kamu kurang percaya bawalah bengkel atau orang keyakinan kamu untuk turut memeriksa terutama pada komponen mesin diesel, karna komponen ini susah buat anda orang biasa untuk membaca bunyi-bunyi tidak biasa yang ditimbulkan tidak seperti ketika anda ngecek mesin mobil bensin karna suara mesin diesel yang memang sudah berisik.

Baca juga artikel kami yaitu Tips dan Cara Menanggulangi Mobil Mogok di Tengah Jalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar